Pengadilan Agama Tanjungbalai menerima kunjungan Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI pada Rabu, 18 November 2020. Kedatangan tim BAWAS ini disambut langsung oleh Ketua PA Tanjungbalai, Rosyid Mumtaz, S.H.I, M.H, dan jajaran pimpinan, serta segenap aparatur PA Tanjungbalai. Berdasarkan surat tugas Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI nomor: 617/BP/ST/XI/2020 tanggal 5 November 2020, tim yang diketuai oleh Bpk. Achmad Syaifullah (Hakim Tinggi Pengawas Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI) ini menyertakan Ibu Syarifah Nursiana (Hakim Tinggi Pengawas Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI) dan Bpk. Recky Roger Koraag (Auditor Kepegawaian Pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI) sebagai anggota, serta Bpk. Desiyanto (Pengadministrasian Sarana Prasarana Pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI) sebagai sekretaris. Adapun pelaksanaan pengawasan dan pembinaan ini diagendakan sejak tanggal 17 s/d 20 November 2020.

Tim bertugas melakukan pemeriksaan Kinerja dan Integritas pada Pengadilan Agama Tanjungbalai, diantaranya  Manajemen Peradilan, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, Administrasi Umum dan Pelayanan Publik serta hal-hal penting lainnya. Dalam hal yang ditemukan tidak sesuai akan langsung diberikan pembinaan dan arahan oleh tim pemeriksa Badan Pengawasan agar langsung dapat ditindaklanjuti dan diperbaiki oleh pegawai yang bersangkutan. Dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19 dan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, pemeriksaan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Usai merampungkan pemeriksaan di semua lini bagian, tim BAWAS pun menyerahkan Lembar Temuan Audit Kinerja pada hari terakhir pelaksanaan Audit. Hasil temuan tersebut diserahkan  langsung oleh Bpk. Achmad Syaifullah selaku Ketua Tim kepada Ketua PA Tanjungbalai Rosyid Mumtaz, dan disaksikan oleh segenap Tim Pengawasan dan Pembinaan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI beserta Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Tanjungbalai di ruang kerja Ketua PA Tanjungbalai.(S3)