Menurut SK KMA Nomor 1-144/KMA/SK/1/2011, laporan akses informasi didapat melalui :

1. Pengadilan mengumumkan informasi yang harus diumumkan secara berkala menggunakan papan pengumuman atau media lain yang mudah dilihat masyarakat di gedung pengadilan. 

2. Apabila memungkinkan, pengumuman informasi juga dilakukan melalui media: 

a. Buku atau terbitan; dan/atau

 b. Situs Pengadilan

3. Khusus  untuk  Mahkamah  Agung,  pengumuman  dilakukan  melalui  situs Mahkamah Agung.

4. Situs  pengadilan  dikelola  dan  berada  di  bawah  tanggungjawab Panitera/Sekretaris   Pengadilan  atau  pejabat lain  yang  ditunjuk  Ketua Pengadilan.

5. Situs Mahkamah Agung dikelola dan berada di bawah tanggungjawab Kepala  Biro Hukum dan Humas.

6. Satuan-satuan kerja di bawah Mahkamah Agung dapat membuat situs resmi tersendiri yang berada di bawah tanggungjawab PPID masing-masing.

7. PPID memperbarui informasi yang harus diumumkan secara berkala sedikitnya 6 (enam) bulan sekali, kecuali untuk informasi sebagai berikut:

a. Putusan dan penetapan pengadilan diumumkan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sejak putusan dan penetapan tersebut dibacakan dalam sidang terbuka untuk umum;

b. Perma dan SEMA diumumkan selambat-lambatnya 1 (satu) minggu setelah ditandatangani;

c. Laporan Tahunan selambat-lambatnya 1 (satu) minggu setelah diluncurkan secara terbuka;

d. Agenda Sidang selambat-lambatnya 1 (satu) minggu sekali; dan

e. Rekrutmen selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum pelaksanaan rekrutmen. 

8. Format pengumuman dibuat dengan ringkas dengan mencantumkan nama PPID dan/atau Petugas Informasi serta alamat/nomor telepon yang dapat dihubungi apabila pemohon/pengguna informasi membutuhkan informasi rinci dari pengumuman yang ada.

9. Pengumpulan informasi yang termasuk dalam kategori yang harus diumumkan secara berkala dari satuan-satuan kerja terkait di Pengadilan dilaksanakan oleh PPID setiap tanggal 1 Desember, untuk diumumkan pada tanggal 2 Januari tahun berikutnya dan 1 Juni untuk diumumkan  pada tanggal 1 Juli tahun tersebut

Laporan Akses Informasi Pengadilan Agama Tanjungbalai Tahun 2022 >> klik