Tanjungbalai-(26/07/2022) Dalam hal meningkatkan pelaksaan tugas dan fungsi secara maksimal bagi pegawai peradilan agama, diperlukan adanya pembinaan dan pengawasan sebagai kontrol untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas. Berkenaan dengan hal itu, tim pembinaan dan pemerikasaan teknis dari Pengadilan Tinggi Agama Medan yang terdiri dari Bapak Dr. Drs. H. Rafi’udin, M.H., selaku wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Bapak H. Abdul Wahid, S.H., M.Hum., selaku Panitera pada Pengadilan Tinggi Agama Medan, serta Bapak Mara Bangun Harahap (PPNPN Pengadilan Tinggi Agama Medan) melakukan kunjungan rutin ke Pengadilan Agama Tanjungbalai. Kegiatan ini sekaligus juga dilaksanakan audit kinerja kepada Panitera Pengadilan Agama Tanjungbalai, Armiwati Nasution, S.H. terkait promosi/mutasi menjadi Panitera Pengganti pada Pengadilan Tinggi Agama Medan sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 3306/DjA/KP.04.6/7/2022, tanggal 18 Juli 2022, perihal “Hasil Rapat Tim Badan Pertimbangan Jabatan Dan Kepangkatan Tenaga Teknis Kepaniteraan dan Kejurusitaan di Lingkungan Peradilan Agama.    

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai, bapak Rosyid Mumtaz, S.H.I., M.H. Setelah beramah tamah dengan Ketua PA Tanjungbalai, Tim pembinaan dan pemerikasaan teknis langsung turun ke setiap divisi-divisi di Pengadilan Agama Tanjungbalai untuk melihat kondisi yang terjadi pada setiap divisi. Adapun hasil dari pembinaan dan pemeriksaan teknis ini selanjutnya dipaparkan langsung oleh tim binwas kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tanjungbalai untuk dapat ditindaklanjuti (27/07/2022).

Adapun beberapa temuan yang dipaparkan oleh tim binwas antara lain seperti kurangnya atribut dan perlengkapan pada satpam, proses penyerahan Salinan putusan kepada para pihak yang kurang efektif serta mesin EDC (Electronic Data Capture) yang tidak berfungsi pada kasir.

Tim pembinaan dan pemerikasaan teknis PTA Medan juga mengapresiasi kinerja pegawai Pengadilan Agama Tanjungbalai dalam beberapa hal seperti pegawai yang displin dalam hal kehadiran, satpam yang sudah selektif terhadap tamu, e-court yang sudah memadai serta cepatnya durasi waktu terhadap pelayanan informasi kepada pihak.

Kunjungan yang berlangsung selama dua hari (26 s/d 27 Juli 2022) ini diakhiri dengan bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan yang beliau terima dari seluruh pegawai Pengadilan Agama Tanjungbalai. Beliau juga berpesan agar seluruh temuan yang dipaparkan untuk segera ditindaklanjuti. Begitu juga dengan ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai yang berterimakasih atas saran dan masukan yang dipaparkan oleh bapak wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan.

Semoga kegiatan kunjungan Tim Pembinaan dan Pemeriksaan Teknis dari Pengadilan Tinggi Agama Medan ini dapat membawa perubahan untuk Pengadilan Agama Tanjungbalai ke arah yang lebih baik lagi. (RAt)