Sehubungan dengan pengumuman yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama nomor : 2089/DjA/KP/04.6/3/2022 perihal seleksi calon panitera pengganti, PA Tanjungbalai melaksanakan ujian CPP yang diikuti oleh salah satu pegawai yaitu Agustira Sitorus, S.H. pada hari Selasa (26/4/2022).

Sehari sebelum pelaksanaan ujian telah dilaksanakan simulasi ujian yang diluncurkan oleh Badilag MA RI melalui  website e-learning badilag. Simulasi ini diharapkan bisa membantu kendala-kendala yang dihadapi peserta saat melakukan ujian. Pelaksanaan ujian dilakukan secara daring dan diawasi oleh seorang panitia yang telah ditunjuk.

Ada yang berbeda pada pelaksanaan ujian CPP tahun ini. Perbedaannya yaitu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama menambahkan syarat kemampuan menghafal Al Quran sebagai materi pada seleksi kali ini. Hafalan juga dikecualikan pada ayat-ayat tertentu dalam surah Al-Quran dan minimal hafalan sebanyak 1 (satu) maqra’ (tanda ‘ain) bersambung.

Pelaksanaan ujian CPP dimulai dengan acara menyaksikan video sambutan dari Direktorat Jenderal Badilag pada aplikasi e-learning. Selanjutnya akan dibuka e-test dengan batas waktu pengerjaan soal selama 75 menit. Setelah itu untuk Hafalan Al-Qur’an akan dimulai pada pukul 13.00 WIB melalui zoom meeting

Ujian CPP tahun ini diikuti oleh 192 peserta dari seluruh PA/MS se-indonesia. Semoga seluruh peserta diberikan kelancaran dalam mengerjakan ujiannya. (RAt)