Tanjungbalai | Dalam memperingati  hari ulangtahun Mahkamah Agung Republik Indonesia ke-78 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2023, Pengadilan Agama Tanjungbalai melaksanakan upacara peringatan di halaman Pengadilan. Hal ini berdasarkan dengan surat edaran Sekretaris Mahkamah Agung No. 1398/SEK/HM3.1/VIII/2023 pada tanggal 08/08/2023 yang bertemakan “Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung.

Peringatan HUT MA RI Ke-78 di Pengadilan Agama Tanjungbalai

Upacara Peringatan ini dimulai pukul 08.00 Wib dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai, YM. Dr. Hj. Devi Oktari, S.H.I., M.H., dengan diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Tanjungbalai.

Acara diawali dengan membacakan Visi dan Misi Mahkamah Agung, pembacaan naskah Pancasila, serta amanat Pembina upacara. Kali ini, amanat Pembina Upacara berupa pembacaan pidato dari ketua Mahkamah Agung RI (Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H.) dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI Ke-78.  Secara ringkas, isi pidato tersebut membahas tentang ajakan mengembalikan kepercayaan publik ke instansi peradilan dengan memulai gerakan perubahan pola 3M yaitu Mulai dari diri kita sendiri, Mulai dari hal yang terkecil dan Mulai dari sekarang.

Momen ini juga digunakan sebagai ajang pemberian piagam Satyalancana Karya Satya dan piagam Satya-Karya kepada Pegawai Pengadilan Agama Tanjungbalai yang terpilih. Diantaranya yaitu Piagam Satyalancana Karya Satya X Tahun yang diperoleh Ibu Ade Septi Pratiwi, S.H.I., dan Piagam Satya Karya Dwiwindu yang diperoleh YM. Dr. Hj. Devi Oktari, S.H.I., M.H. selaku ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai.

Acara yang berlangsung khidmat ini diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai dan acara makan bersama dengan seluruh aparatur Pengadilan Agama Tanjungbalai.