Pengadilan Agama Tanjungbalai mengikuti Pembinaan Kesekretariatan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Medan. Kegiatan ini diadakan di Hotel Madani yang dilaksanakan tanggal 20 Desember 2021. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan bimtek ini adalah Sekretaris (Supriono,S.H), CPNS (Agustira Sitorus,S.H) dan PPNPN/Staf Keuangan(Fahrul Rozi, A.Md). Pembinaan tersebut berlangsung satu hari dengan materi seputar Kesekretariatan yang hubungannya sebagai supporting unit bagi terlaksanananya dengan baik tugas dan fungsi  pengadilan yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Tampil sebagai nara sumber salah seorang Hakim Tinggi PTA Medan Dr. H. Syaifuddin, S.H., M. Hum.

Sementara itu, Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan dalam arahannya ketika membuka acara pembinaan tersebut menyebutkan, bahwa Kesekretariatan mempunyai tugas melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumber daya manusia  serta sarana prasarana di satuan kerja masing-masing. Hal ini sesuai dengan Perma Nomor 7 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan. Diuraikan lebih lanjut oleh Ketua PTA Medan, bahwa Kesekretariatan merupakan core business pengadilan, yaitu sebagai supporting unit dalam terselenggaranya core business Pengadilan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan.

Lebih lanjut, dijelaskan maksud dan tujuan diadakan pembinaan Kesekretariatan ini adalah agar meningkatkan pengetahuan dan kemampuan seluruh aparatur sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam arahannya tersebut, H. Abd. Hamid Pulungan berharap setiap pejabat Kesekretariatan pada PA sewilayah PTA Medan di samping menguasai bidang tugasnya masing-masing, hendaknya menguasai bidang lain. Sebab, urainya memberi alasan, tidak tertutup kemungkinan akan ada rotasi dan mutasi antar jabatan. “Maka sangat perlu transfer knowledge atau konsep berbagi informasi dan proses duplikasi pengetahuan bagi pejabat yang mengikuti pembinaan seperti ini,” pungkas H. Abd. Hamid Pulungan menegaskan. (RA)

Pengadilan Agama menerima penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 pada hari Rabu, 16 Desember 2020. Diketahui penyerahan tahun ini memang agak berbeda dengan pada tahun-tahun yang lalu dimana DIPA Petikan ini diserahkan langsung oleh tim dari Kantor Pelayanan Pembendaharan Negara (KPPN) Tanjungbalai di Continue reading